Banjir Cijangkelok Kec Cibingbin Menenggelamkan 6 Desa di Cibingbin

Banjir Cijangkelok Kec Cibingbin Menenggelamkan 6 Desa di Cibingbin KAb Kuningan Jawa Barat.

Ini adalah info musibah Banjir Cijangkelok Kec Cibingbin Menenggelamkan 6 Desa di Cibingbinn Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

cijangkelok banjir

Banjir yang melanda di Kecamatan Cibingbin akibat meluapnya air dari sungai Cijangkelok terjadi hari Minggu tanggal 22 Januari 2017 sekitar pukul 15.30 atau ba’da sholat Ashar.

Ada 6 Desa yang terendam banjir Cijangkelok, yaitu Desa Cipondok, Sindang Jawa, Sukaharja, Cibingbin, Citenjo, Dukuh badag, dengan ketinggian air mencapai puluhan sentimeter bahkan hingga 1,5 meter.

Air Sungai Cijangkelok yang berada di ujung timur Kabupaten Kuningan ini disekitar perbatasan Jawabarat dan Jawa tengah,akhir-akhir ini sering meluap. Namun saat ini adalah peristiwa banjit paling besar yang terjadi dari tahun-tahun sebelumnya. Diperkirakan karena air dari sungai Cijangkelok meluap akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Cibingbin dan sekitarnya.

Laporan sementara, Desa terparah yang terkena musibah banjir ini adalah desa Cibingbin Blok Kaliwon dan Desa Citenjo, genangan air mencapai setinggi lebih dari 1,5 meter. Karena Blok Kaliwon dan Desa Citenjo merupakan daerah yang rendah dan lokasinya paling dekat dengan Sungai Ci Jangkelok tersebut.

Banyak perabotan, alat rumah tangga, hewan ternak yang hanyut terbawa air bah (banjir) yang terjadi sore hingga malam ini. Belum ada laporan korban jiwa akibat derasnya aliran sungai Cijangkelok yang masuk ke 6 Desa disekitar Kecamatan Cibingbin tersebut, namun hingga saat ini diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta. Sawah-sawah disekitar sungai Cijangkelok terendam banjir, Hewan ternak seperti kambing, kerbau , sapi dan ayam milik warga setempat banyak yang hanyut terbawa banjir.

Warga-warga yang terkena musibah banjir sungai Cijangkelok Cibingbin ini banyak yang mengungsi ke daerah yang lebih tinggi, seperti Warcit daerah yang berada di sebelah barat desa Citejo atau pertigaan yang menghubungkan antara Desa Skamaju dan Dukuh Badag.

Di Desa Citenjo ada 1 unit mobil yang hanyut terbawa oleh derasnya aliran banjir sungai Cijangkelok, bahkan di pertigaan Tanjung jaya pun Masjid desa Tanjung Jaya ikut terendam Banjir.

 

Banjir Cijangkelok Cibingbin

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *